LEDOKSAMBI HALF DAY CORPORATE OUTBOUND
PROGRAM FOR CORPORATE
(Itenerary Schedule & Learning Contents)
……………………. 2015
|
||||||||
#
|
WAKTU
|
TOPIK
|
SUB TOPIK
|
EVENT
|
KETERANGAN/LEARNING CONTENT
|
|||
1
|
s.d 08.00
|
Kehadiran
|
Kehadiran Peserta di Sambi Outbound
Park/Ledoksambi
|
Element
& Aktivitas pada :
· Settlement di tempat transit/Pendopo
|
· Peserta hadir langsung
menuju pendopo untuk meletakkan/menyimpan barang bawaan yang sekiranya tidak
diperlukan dalam kegiatan
|
|||
2
|
08.00 – 08.15
|
Persiapan
|
Persiapan Peserta
|
Element
& Aktivitas pada :
· Welcome drink &
Snack
· Persiapan kegiatan
|
· Menikmati sajian snack
pagi
· Mempersiapkan diri
untuk kegiatan
|
|||
3
|
08.15 – 09.15
|
Introduction
|
Ice
Breaking, Fun & Energizer Games
|
Element & Aktivitas pada:
· Rainbow Warrior: Ragam aktivitas/games
yang lebih menitikberatkan kepada aura motivasi diri dan organisasi
· Fun Stress Relief: stretching & Warming up
· Fun & Energizer Games, adapun ragam games-nya: Fun Kapa Haka, Aleya, Jump Jim Joe, Monument, Jump in-Jump out,
Preposition, Aborigin Dance dll
· Grouping
· Circle Up Games
|
· Harapan v.s Tantangan;
· Visi, Misi;
· Intensi Stratejik v.s
Respon Stratejik-----> Kapabilitas
organisasi;
· (Keselarasan &
Keterpaduan People, Process, Teknologi) ------> Kinerja
· Physical activities fun & Energizer
· Motivation
· Togetherness
Dari sejumlah Peserta akan dibagi menjadi beberapa Tim.
|
|||
4
|
09.15 – 09.45
|
Individual,Team Challenge, Problem Solving
|
Memahami Preferensi Peran Pada
Kerja Kelompok
·
preferensi
adalah kecenderungan yang tidak selalu di-praktek-kan;
·
preferensi
tidak berarti mampu/mumpuni;
·
preferensi bisa
berubah tergantung lingkungan;
·
preferensi
bukan baik/buruk;
·
komposisi preferensi
pada sebuah team mempengaruhi dinamika
team.
Peran KOORDINASI & KOMUNIKASI pada sebuah teamwork:
·
pemahaman
terhadap:
-
Simple Mutual
Adjustment
-
Standarization
-
Complex Mutual
Adjustment
· pemahaman pada pentingnya peran komunikasi verbal
pada sebuah koordinasi ketika Standarization tidak mampu mengakomodasi.
Efek Kejelasan Peran &
Ketepatan Preferensi Peran pada Kerja Kelompok
·
memahami efek
kerja kelompok berdasarkan pembagian peran (tanpa memperhati-kan preferensi
peran masing masing individu);
·
memahami efek
–idem a.– tapi pembagian berdasar-kan preferensi peran masing masing individu
|
Element & Aktivitas pada:
Traffic Jam game: permainan
yang menekankan pada penting dan beragamnya
tipologi komunikasi, teamwork dan leadership, serta seberapa jauh dinamika
keterkaitannya.
Setiap kelompok dibagi menjadi dua dan terpisah secara
spasial (contoh: berhadap hadapan atau berbanjar), diminta untuk saling
berpindah/bertukar lokasi dengan cara dan persyaratan tertentu.
Diperlukan analisa, modelling
serta uji coba berkali kali untuk bisa memenuhi tugas ini.
Dinamika
yang terjadi sangat beragam, dan biasanya selalu diawali dengan chaos, masing masing individu akan memunculkan
individual team role preferencenya masing masing. Akan muncul beragam pola
yang sebenarnya merupakan fenomena dari komunikasi, teamwork, leadership & coordination.
|
Merupakan bentuk aktivitas untuk
melihat sejauh mana kontribusi anggota team terhadap kesuksesan kinerja team,
terutama
peran komunikasi, koordinasi dan adjustment dalam sebuah team
·
Aplikasi
tentang communication skill
·
Aplikasi
tentang pola koordinasi dalam sebuah teamwork
·
Aplikasi
tentang leadership skill
·
Aplikasi
dinamika motivasi
·
Aplikasi: self
trust & confidence skill
·
Never give up
·
competitiveness
·
i can attitude
Refreshment Games diantara main games
|
|||
5
|
09.45 – 10.45
|
Individual & Team Challenge
|
Element & Aktivitas pada:
· Flying Fox &Flying
Bambo: Peserta akan melintas pada 2 Lintasan flying fox yang melintas diatas Sungai Kuning (salah
satu sungai yang dialiri lahar dingin Gunung Merapi), sepanjang 280
m’.Dilanjutkan meniti tititan untuk menyebrangi sebuah kolam, selanjutnya
akan kembali menyebrangi kolam dengan bergantung pada sebatang bambu
· Mission Possible: Seluruh anggota tim
akan menyebrangai sebuah kolam dengan cara bersama-sama meniti pada sebuah
titian, selanjutnya menyebrang menggelayut pada seutas tali. menuju tantangan
berikutnya adalah menyebrangan kolam
asam dengan beragam rintangan dan peralatan yang terbatas.
|
|||||
6
|
10.45 – 11.45
|
Individual,Team Challenge, Problem Solving
|
Element & Aktivitas pada:
· Tukang/Insinyur: permainan dengan tantangan teknikal, yang menekankan pada beragam
isu yang terkait bagaimana keterbukaan dan komunikasi yang efektif berdampak pada dinamika interdependensi dan
integrasi
|
|||||
7
|
11.45 – 12.15
|
Closing
|
· Sniper Game: permainan yang
menekankan pada beragam isu yang terkait dengan responsiveness &
responsibility pada sebuah teamworking
· Massage, Train of Love
· Closing
|
|||||
8
|
12.15 – 13.00
|
ISHOMA
|
Istirahat, Sholat, Makan
|
|||||
9
|
13.00 – ……
|
Sampai Jumpa
|
||||||
CATATAN :
- Semua kegiatan diatas
adalah rancangan dasar, sehingga bisa ditambah,
dikurangi maupun diubah, sesuai dengan situasi, kondisi dan harapan dari
organisasi
- Lokasi Kegiatan di
Ledoksambi, Jl. Kaliurang Km.19,2, Dusun Sambi, Pakembinangun, Pakem,
Sleman, Yogakarta
BUDGET & KETERANGAN LAINNYA
Harga paket diatas adalah: Rp.255.000,--/Orang, belum
termasuk pajak.
Fasilitas:
· Kegiatan seperti yang tertera pada itinerary di atas.
· Fasilitator & Host
kegiatan
· Makan 1 kali, Snack 1
kali
· Air mineral selama
berkegiatan
· Standby Paramedis &
Obat
· Asuransi
Pembayaran:
· Booking fee 10% dari
total biaya dibayarkan pada saat ada kesepakatan
· DP 50% dari total biaya
dibayarkan 1 (satu) minggu sebelum kegiatan, dan pelunasan dibayarkan 3 hari sebelum pelaksanaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar